Slide Show

Jumat, 16 April 2010

IPTEK

Notebook, Laptop, Nettop dan Netbook

Sudah bukan hal yang asing bagi kita mengenai istilah diatas. Namun tidak ada salahnya bagi kita untuk lebih jauh mengupas atau mengetahui istilah diatas. Sehingga, jangan sampai kita dibilang gaptek karena kurang paham atas istilah gadget yang berkembang dewasa ini.

Keempat kata diatas jika ditilik dari penggunaan, bukanlah hal yang berbeda jauh. Semua kata diatas me-refer pada satu istilah yakni “komputer jinjing” atau “komputer lipat”. Notebook merupakan istilah yang muncul bersamaan dengan keberadaan komputer jinjing. Ukurannya lebih kecil dan mudah dibawa kemana-mana dibandingkan dengan komputer biasa (PC Desktop) yang ukurannya segede ‘gaban’. Sedangkan istilah Laptop berkembang seiring munculnya istilah notebook, yakni diambil dari metode penggunaannya yang (dahulu) sering digunakan dengan dipangku diatas paha. Istilah laptop sendiri diambil dari kata ‘lap’dan ‘top’ yang artinya “diatas pangkuan”. Meskipun dewasa ini, para pengguna notebook tidak jarang menggunakannya diatas meja.

Sedangkan Netbook, merupakan istilah yang berkembang diawal tahun 2008 (bulan Februari) yang digaungkan oleh Intel. Netbook, adalah notebook atau laptop yang ukurannya lebih kecil. Secara teknis, penekanan penggunaan netbook adalah pada penggunaan aplikasi intenet dan wireless coomunication, sehingga pada netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas wi-fi. Untuk para pengguna netbook lebih disegmentasikan bagi para pengguna pemula, seperti para siswa atau ibu rumah tangga yang menggunakan aplikasi dengan komputasi sederhana.

Belakangan muncul pula istilah Nettop, yakni PC Desktop dengan ukuran mini (lebih kecil dari PC Desktop biasa). Tidak berbeda dengan fungsi netbook, nettop juga lebih difungsikan untuk fasilitas akses aplikasi internet. Proyek yang dikembangkan oleh Intel bagi beberapa negara berkembang untuk peningkatan teknologi dibidang komputer untuk aplikasi internet. Ukurannya tidak lebih besar dibandingkan dengan Playstation.

Mungkin secara fisik, kita perlu mengetahui juga perbedaan antara notebook dengan netbook. Agar kita tidak salah menggunakan dua istilah tersebut dalam menyebutkan “komputer jinjing”.

Berikut adalah perbedaan antara notebook dengan netbook.

NOTEBOOK
1. Lebar layer 10 s.d 17 inci
2. Berat min. 1,9 kg
3. Prosesor powerful, mendekati PC
4. Graphic card jauh lebih baik, bermain game lebih seru
5. Ukuran keyboard sangat nyaman
6. dilengkapi CDROM
7. harga lebih mahal.

NETBOOK
1. Lebar layar 7 s.d 10 inci
2. Bobot lebih ringan, maks. 1,5 kg
3. Prosesor hanya untuk komputasi ringan
4. Lupakan ide bermain game di netbook
5. Ukuran keyboard 80-85% dari normal
6. Tidak dilengkapi CDROM
7. harga lebih murah.

Mudah-mudahan dengan mengetahui istilah diatas, kita tidak salah lagi menyebutkan notebook dan netbook. (/IJ)


Sumber : http://techno.okezone.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice article. banyak orang malu untuk bertanya perbedaan itu.

ningrum_06

Posting Komentar